Pengertian Komputer Server, Client dan Manfaatnya


Server atau yang biasa kita sebut sebagai " Ibu " dari berberapa komputer ataupun disebut juga sebagai  pelayan merupakan komputer yang melayani permintaan dari komputer client di dalam lingkup jaringan.


Server sendiri bertugas sebagai komputer yang melayani serta menyediakan berbagai resource. Selain itu server juga bertanggung jawab untuk merespon segala permintaan client dan mengatur lalu lintas data, maka pada umumnya komputer server mempunyai spesifikasi yang berbeda dari komputer biasa.
Beratnya tugas yang di emban server membuat pemilik juga harus mempersiapkan dan memastikan komputer server bisa melayani seluruh komputer client dengan cepat, akurat serta memiliki performa tinggi selama 24 jam online.
Sedangkan yang dimaksud sebagai client adalah suatu istilah dalam arsitektur jaringan teknologi komunikasi yaitu  client server. Client merupakan komputer yang meminta atau merequest baik itu file, aplikasi, resource seperti penggunaan memori, hardisk, printer ke komputer server. 
Dari penjelasan pengertian komputer server di atas, mungkin sudah bisa anda pahami apa fungsi dari komputer server. Berikut beberapa fungsi dari komputer server:
1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client.
2. Menyediakan resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras  atau hanya berupa aplikasi agar dapat di gunakan di semua komputer client di dalam jaringan.
3. Bertanggungjawab mengatur lalu lintas data.
4. Dapat menyimpan file, data untuk di akses bersama menggunakan file sharing.
5. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.
6.  menyediakan database atau aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer.
7. Melindungi komputer client dengan memasang firewall atau anti malware di komputer server. 
komputer server sangatlah di butuhkan dan mampu menghemat biaya menjadi lebih ekonomis.
Misalnya menggunakan komputer server, jika anda memiliki 1 printer katakanlah di sebuah perusahaan maka printer tersebut akan bisa di sharing ke semua pengguna lainnya sehingga dengan 1 komputer akan dapat di gunakan oleh semua client di dalam jaringan.
Pemakaian server membuat kebutuhan semakin lebih hemat bukan di banding anda harus membeli banyak printer dalam satu jaringan? Bukan saja hanya printer, resource lainnya seperti memori, hardisk, scanner pun bisa anda gunakan bersama. 
Sangatlah efektif. 

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar