Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi



 Semua penciptaan alat teknologi tersebut dimaksudkan untuk mempermudah manusia dalam berkomunikasi antar sesamanya, ini merupakan tujuan utama dari penelitian teknologi terkini. 

Kita sebagai pengguna tehnologi haruslah pandai memilah-milah teknologi tersebut sehingga mendapat manfaat lebih besar. Dampak positifnya, tentu saja memudahkan kita dalam melakukan komunikasi. Sedang dampak negatifnya, salah satunya adalah membuat orang semakin tidak percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

Pada awalnya perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi dibuat untuk dapat membantu mendapat kemudahan dari aspek bisnis, tetapi saat ini perkembangan teknologi tidak hanya dalam dunia bisnis tetapi dalam dunia pendidikan, kesehatan bahkan pemerintahan juga sosial. Selain dapat menampilkan kelebihan, kemajuan teknologi juga dapat menunjang segala aspek, disinilah peran teknologi informasi dan komunikasi dijadikan suatu acuan dalam perkembangannya.

Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan sekarang ini, karena kemajuan teknologi akan terus berkembang sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Berbagai bidang yang sudah mendapat manfaat dari teknologi informatika ini adalah sebagai berikut.

1.Bidang Pendidikan

Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu:

1. Dari pelatihan ke penampilan,
2. Dariruang kelas ke dimana dan kapan saja,
3. Dari kertas ke “on line” atau saluran,
4. Fasilitasfisik ke fasilitasjaringan kerja,
5. Dari waktu siklus ke waktu nyata.

Kegiatan belajar mengajar tidak hanya dengan cara tersebut. Tetapi dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini, guru dapat melakukan kegiatan belajar-mengajar tanpa harus berinteraksi secara langsung dengan siswanya. Saat ini ada teknologi terbaru dalam dunia pendidikan yaitu dengan e-learning, cara belajar ini dilakukan dengan menggunakan koneksi internet, sehingga siswa dapat melakukan proses belajar-mengajar tanpa harus datang ke sekolah dan bertemu langsung dengan guru. Dengan cara inisiswa dapat menghemat biaya sekolah dan menghemat waktu.

E-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria yaitu:

1. e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi, dan membagi materi ajar atau informasi.

2. Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer denganmenggunakan teknologi internet yang standar.

3. Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional.


2.Bidang Transportasi 

Pada bidang transportasi juga terdapat teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia yaitu untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer. 

3.Bidang Kesehatan

 Banyak teknologi yang digunakan dalam bidang kesehatan saat ini, seperti sistem berbasis kartu cerdas (smart card) yang digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit. Dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Perkembangan robot yang semakin maju juga digunakan untuk membantu proses operasi pembedahan. Pada penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi juga dapat menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien. 

4.Bidang Jasa Pengiriman 

Dengan adanya komputer yang terkoneksi internet kita tidak perlu menulis di kertas dengan terbungkus amplop dan menempel perangko bahkan menunggu surat itu sampai berhari-hari. Dengan internet kita hanya menulis surat d komputer dan mengirim suratnya lewat email dan surat yang dikirim akan sampai dalam sekejap. Kita dapat mengakses informasi apapun dengan cepat dan akurat.

5.Bidang Bisnis 

Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdaganganmenggunakan jaringan komunikasi internet. Dengan cara ini kita tidak perlu datang ke toko apabila kita ingin berbelanja sesuatu, cukup dengan akses internet di rumah, kita bisa berbelanja apapun. Cara ini dapat menghemat biaya dan tenaga. 

6.Bidang Olah Raga

 Dengan adanya kemajuan teknologi, memudahkan kita untuk menonton acara piala dunia tanpa harus datang langsung untuk menonton pertandingan tersebut. Acara tersebut ditayangkan oleh satelit yang dihubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga dapat ditonton oleh semua orang di dunia. 

7.Bidang Pemerintahan 

Penggunaan teknologi dibidang pemerintahan dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Teknologi ini memiliki kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya.

8.Bidang Perbankan 

Dalam dunia perbankan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Dengan adanya kemajuan teknologi ini kita dapat melakukan kegiatan tersebut tanpa harus datang ke bank langsung. 

9. Bidang Industri 

Rekaman Untuk mencetak album kedalamVCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pemburningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi. Kita juga dapat membuat lagu tanpa menggunakan alat musik cukup dengan mengatur alat musik sesuai keinginan kita dengan sebuah software. 

Jangan lupa juga untuk membagikan isi artikel ini agar dapat bermanfaat selain diri sendiri dan juga orang lain dengan mengsubscribe / membagikan dengkan cara mengklik dibawah ini. 
Previous
Next Post »